Analisis Vibes Pendidikan di Kabupaten Gowa dalam Perspektif Administrasi Publik
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi kebijakan pendidikan di Kabupaten Gowa, dengan fokus pada implementasi program-program unggulan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan masyarakat. Melalui analisis kualitatif, penelitian ini menyoroti hubungan antara berbagai program, seperti Pengelolaan Pendidikan, Pembinaan Perpustakaan, dan Pengembangan Kurikulum, dengan kebijakan pendidikan yang lebih luas. Meskipun terdapat peningkatan partisipasi sekolah dari 78% pada tahun 2019 menjadi 85% pada tahun 2022, tantangan signifikan tetap ada, terutama dalam hal infrastruktur dan distribusi sumber daya manusia. Kesenjangan antara sekolah di daerah perkotaan dan pedesaan menjadi hambatan utama. Dukungan masyarakat dan kolaborasi lintas sektor diidentifikasi sebagai kunci untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif, meskipun akses teknologi pendidikan masih terbatas. Penelitian ini menyarankan perlunya penguatan sistem evaluasi dan kebijakan adaptif untuk memastikan keberlanjutan program-program pendidikan di Kabupaten Gowa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Adnan Purichta Ichsan. (2021). RPJMD Gowa Koreksi Hasil Evaluasi.
Anderson, J. E. (2011). Public Policymaking: An Introduction. Wadsworth Cengage Learning.
Arnstein, S. R. (1969). A Ladder of Citizen Participation. Journal of the American Planning Association, 35(4), 216-224.
Bowen, G. A. (2009). Document analysis as a qualitative research method. Qualitative Research Journal, 9(2), 27–40. https://doi.org/10.3316/QRJ0902027
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Denhardt, J. V., & Denhardt, R. B. (2015). The New Public Service: Serving, Not Steering. Routledge.
Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa. (2023). Data Statistik Pendidikan Kabupaten Gowa.
Pemerintah Kabupaten Gowa. (2023). Laporan Tahunan Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa.
OECD. (2018). Education Policy in Indonesia: Policy Insights and Recommendations. OECD Publishing.
Osborne, S. P. (2010). The New Public Governance? Emerging Perspectives on the Theory and Practice of Public Governance. Routledge.
Patton, M. Q. (1990). Qualitative evaluation and research methods (2nd ed.). SAGE Publications.
Putnam, R. D. (2000). Bowling Alone: The Collapse and Revival of American Community. Simon and Schuster.
Sung, Y. K., et al. (2020). The Role of Technology in Advancing Inclusive Education: Insights from Case Studies. Educational Technology Research and Development, 68(3), 153-167.
UNESCO. (2021). Reimagining Our Futures Together: A New Social Contract for Education. UNESCO Publishing.
Spradley, J. P. (1980). Participant observation. Holt, Rinehart and Winston.
World Bank. (2020). Education Sector Analysis in Indonesia: A Focus on Equity and Efficiency. World Bank Publications.